Penilaian

Views: 0


Penilaian Menulis Al-Qur’an Tulis Metode Follow the Line yang dapat digunakan oleh orang tua atau pembimbing untuk menilai peserta didik. Penilaian ini mencakup empat aspek: Pengetahuan, Sikap, Keterampilan, dan Karakter. Setiap aspek memiliki kriteria penilaian yang jelas dan terstruktur untuk memudahkan evaluasi.

Penilaian Aspek Pengetahuan

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru ngaji atau pembimbing untuk menilai aspek pengetahuan peserta didik. Berilah tanda cek (✔) pada kolom hasil pengetahuan peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:

  • + = Baik (dalam bacaan, tajwid, dan makhraj).
  • x = Masih ada kekurangan dalam salah satu kriteria (bacaan, tajwid, atau makhraj).
  •  = Terdapat kekurangan dalam ketiga kriteria (bacaan, tajwid, dan makhraj).
NoNama Surat dan AyatHasil PengamatanTTD Pembimbing
BacaanTajwidMakhraj
1Al-Fatihah: Ayat 1-7 dan Al-Baqarah: Ayat 1-5
2Al-Baqarah: Ayat 6-16
3Al-Baqarah: Ayat 17-24
4Al-Baqarah: Ayat 25-29
5Al-Baqarah: Ayat 30-48

Penilaian Aspek Sikap

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru ngaji atau pembimbing untuk menilai aspek sikap peserta didik. Berilah tanda cek (✔) pada kolom hasil sikap peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:

  • + = Baik (dalam sikap Aqidah/Tauhid, Iman/Taqwa, dan Perintah/Larangan).
  • x = Masih ada kekurangan dalam salah satu sikap di atas.
  •  = Terdapat kekurangan dalam ketiga sikap di atas.

Keterangan:

  • A/T = Aqidah/Tauhid
  • I/T = Iman/Taqwa
  • P/L = Perintah/Larangan
NoNama Surat dan AyatHasil PengamatanTTD Pembimbing
A/TI/TP/L
1Al-Fatihah: Ayat 1-7 dan Al-Baqarah: Ayat 1-5
2Al-Baqarah: Ayat 6-16
3Al-Baqarah: Ayat 17-24
4Al-Baqarah: Ayat 25-29
5Al-Baqarah: Ayat 30-48

Penilaian Aspek Keterampilan

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru ngaji atau pembimbing untuk menilai aspek keterampilan peserta didik. Berilah tanda cek (✔) pada kolom hasil keterampilan peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:

  • + = Baik (dalam kerapian, arah, dan kaidah menulis).
  • x = Masih ada kekurangan dalam salah satu kriteria (kerapian, arah, atau kaidah).
  •  = Terdapat kekurangan dalam ketiga kriteria (kerapian, arah, dan kaidah).
NoNama Surat dan AyatHasil PengamatanTTD Pembimbing
KerapianArahKaidah
1Al-Fatihah: Ayat 1-7 dan Al-Baqarah: Ayat 1-5
2Al-Baqarah: Ayat 6-16
3Al-Baqarah: Ayat 17-24
4Al-Baqarah: Ayat 25-29
5Al-Baqarah: Ayat 30-48

Penilaian Aspek Karakter

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru ngaji atau pembimbing untuk menilai perkembangan karakter peserta didik selama 6 minggu. Berilah tanda cek (✔) pada kolom yang sesuai.

NoKarakterHasil Pengamatan
Minggu 1Minggu 2Minggu 3Minggu 4Minggu 5Minggu 6
1Suci
2Khusyuk
3Istiqomah
4Konsentrasi
5Sabar
6Jujur
7Mawas Diri
8Tanggung Jawab
9Disiplin
10Telaten
11Teliti
12Ulet
13Taat
14Mandiri
15Tenang
16Tangguh
17Amanah
18Cerdas
19Ikhlas
20Taqwa

Catatan untuk Pembimbing

  1. Konsistensi dalam Penilaian:
    Pastikan penilaian dilakukan secara objektif dan konsisten setiap minggu.
  2. Feedback untuk Peserta Didik:
    Berikan umpan balik yang membangun setelah menilai, agar peserta didik tahu area yang perlu ditingkatkan.
  3. Pemantauan Perkembangan:
    Gunakan tabel ini untuk memantau perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu dan memberikan motivasi agar mereka terus semangat belajar.

Dengan format penilaian yang terstruktur ini, diharapkan peserta didik dapat berkembang secara holistik, baik dari segi pengetahuan, sikap, keterampilan, maupun karakter. Ditibilqa.id siap mendukung perjalanan spiritual dan pendidikan Al-Quran Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »