Views: 0
Penilaian Menulis Al-Qur’an Tulis Metode Follow the Line yang dapat digunakan oleh orang tua atau pembimbing untuk menilai peserta didik. Penilaian ini mencakup empat aspek: Pengetahuan, Sikap, Keterampilan, dan Karakter. Setiap aspek memiliki kriteria penilaian yang jelas dan terstruktur untuk memudahkan evaluasi.
Penilaian Aspek Pengetahuan
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru ngaji atau pembimbing untuk menilai aspek pengetahuan peserta didik. Berilah tanda cek (✔) pada kolom hasil pengetahuan peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
- + = Baik (dalam bacaan, tajwid, dan makhraj).
- x = Masih ada kekurangan dalam salah satu kriteria (bacaan, tajwid, atau makhraj).
- – = Terdapat kekurangan dalam ketiga kriteria (bacaan, tajwid, dan makhraj).
| No | Nama Surat dan Ayat | Hasil Pengamatan | TTD Pembimbing | ||
|---|---|---|---|---|---|
| Bacaan | Tajwid | Makhraj | |||
| 1 | Al-Fatihah: Ayat 1-7 dan Al-Baqarah: Ayat 1-5 | ||||
| 2 | Al-Baqarah: Ayat 6-16 | ||||
| 3 | Al-Baqarah: Ayat 17-24 | ||||
| 4 | Al-Baqarah: Ayat 25-29 | ||||
| 5 | Al-Baqarah: Ayat 30-48 |
Penilaian Aspek Sikap
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru ngaji atau pembimbing untuk menilai aspek sikap peserta didik. Berilah tanda cek (✔) pada kolom hasil sikap peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
- + = Baik (dalam sikap Aqidah/Tauhid, Iman/Taqwa, dan Perintah/Larangan).
- x = Masih ada kekurangan dalam salah satu sikap di atas.
- – = Terdapat kekurangan dalam ketiga sikap di atas.
Keterangan:
- A/T = Aqidah/Tauhid
- I/T = Iman/Taqwa
- P/L = Perintah/Larangan
| No | Nama Surat dan Ayat | Hasil Pengamatan | TTD Pembimbing | ||
|---|---|---|---|---|---|
| A/T | I/T | P/L | |||
| 1 | Al-Fatihah: Ayat 1-7 dan Al-Baqarah: Ayat 1-5 | ||||
| 2 | Al-Baqarah: Ayat 6-16 | ||||
| 3 | Al-Baqarah: Ayat 17-24 | ||||
| 4 | Al-Baqarah: Ayat 25-29 | ||||
| 5 | Al-Baqarah: Ayat 30-48 |
Penilaian Aspek Keterampilan
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru ngaji atau pembimbing untuk menilai aspek keterampilan peserta didik. Berilah tanda cek (✔) pada kolom hasil keterampilan peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
- + = Baik (dalam kerapian, arah, dan kaidah menulis).
- x = Masih ada kekurangan dalam salah satu kriteria (kerapian, arah, atau kaidah).
- – = Terdapat kekurangan dalam ketiga kriteria (kerapian, arah, dan kaidah).
| No | Nama Surat dan Ayat | Hasil Pengamatan | TTD Pembimbing | ||
|---|---|---|---|---|---|
| Kerapian | Arah | Kaidah | |||
| 1 | Al-Fatihah: Ayat 1-7 dan Al-Baqarah: Ayat 1-5 | ||||
| 2 | Al-Baqarah: Ayat 6-16 | ||||
| 3 | Al-Baqarah: Ayat 17-24 | ||||
| 4 | Al-Baqarah: Ayat 25-29 | ||||
| 5 | Al-Baqarah: Ayat 30-48 |
Penilaian Aspek Karakter
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru ngaji atau pembimbing untuk menilai perkembangan karakter peserta didik selama 6 minggu. Berilah tanda cek (✔) pada kolom yang sesuai.
| No | Karakter | Hasil Pengamatan | |||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Minggu 1 | Minggu 2 | Minggu 3 | Minggu 4 | Minggu 5 | Minggu 6 | ||
| 1 | Suci | ||||||
| 2 | Khusyuk | ||||||
| 3 | Istiqomah | ||||||
| 4 | Konsentrasi | ||||||
| 5 | Sabar | ||||||
| 6 | Jujur | ||||||
| 7 | Mawas Diri | ||||||
| 8 | Tanggung Jawab | ||||||
| 9 | Disiplin | ||||||
| 10 | Telaten | ||||||
| 11 | Teliti | ||||||
| 12 | Ulet | ||||||
| 13 | Taat | ||||||
| 14 | Mandiri | ||||||
| 15 | Tenang | ||||||
| 16 | Tangguh | ||||||
| 17 | Amanah | ||||||
| 18 | Cerdas | ||||||
| 19 | Ikhlas | ||||||
| 20 | Taqwa |
Catatan untuk Pembimbing
- Konsistensi dalam Penilaian:
Pastikan penilaian dilakukan secara objektif dan konsisten setiap minggu. - Feedback untuk Peserta Didik:
Berikan umpan balik yang membangun setelah menilai, agar peserta didik tahu area yang perlu ditingkatkan. - Pemantauan Perkembangan:
Gunakan tabel ini untuk memantau perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu dan memberikan motivasi agar mereka terus semangat belajar.
Dengan format penilaian yang terstruktur ini, diharapkan peserta didik dapat berkembang secara holistik, baik dari segi pengetahuan, sikap, keterampilan, maupun karakter. Ditibilqa.id siap mendukung perjalanan spiritual dan pendidikan Al-Quran Anda!
